Pilih Baja Atau Beton yang Baik Untuk Konstruksi?

By 20 Maret 2018Artikel
Pilih Baja Atau Beton yang Baik Untuk Konstruksi?

Seperti yang telah kita ketahui perkembangan infrastruktur semakin canggih dari masa ke masa. Sejak awal peradaban terbentuk, material konstruksi berkembang mulai dari bahan bangunan yang berasal dari material alam asli tanpa pengolahan yang berarti, seperti kayu, dedaunan, tanah, dan batu.

Dan kini material hasil kemajuan teknologi pengolahan material infrastruktur yang paling popular di dunia adalah baja dan beton. Kedua material ini merupakan komponen utama dari bangunan-bangunan di dunia apalagi untuk bangunan tinggi.

Lalu diantara diantara baja atau beton, mana yang lebih baik untuk digunakan dalam konstruksi? Untuk mengetahui jawabannya mari simak ulasan berikut ini:

  1. Keamanan

Material beton merupakan material yang aman jika dikaitkan dengan bahaya benturan, api dan angin. Hal ini berkaitan dengan karakternya yang berat dan kaku. Dengan desain yang baik, beton juga dapat memenuhi kriteria yang diharapkan untuk keperluan ketahanan terhadap gempa bumi. Sedangkan keunggulan baja sendiri berkaitan dengan beban gempa, angin dan beban-beban dinamis lainnya. Hal ini didapat dari sifat materialnya yang sangat daktail, dimana baja mampu berdeformasi dengan besar tanpa langsung runtuh, sehingga mampu menyerap energi dinamis dengan sangat baik.

  1. Harga

Harga beton relatif lebih murah daripada baja, namun hanya berlaku dalam hal pengadaan bahan saja. Sedangkan biaya yang dibutuhkan untuk membangun menggunakan beton, jauh lebih mahal daripada baja. Hal ini dikarenakan pembangunan menggunakan beton membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang apalagi jika jenis bangunan dan desain strukturnya cukup rumit. Di sisi lain, material baja memiliki kemudahan dalam penggunaan, maka waktu dan biaya yang butuhkan pun akan lebih sedikit daripada beton.

  1. Fleksibilitas Desain

Salah satu sifat beton adalah mudah dibentuk, maka banyak dijumpa  bangunan struktur beton dengan nilai estetis yang sangat tinggi. Sedangkan dilihat dari fleksibilitas, material baja memang relatif lebih sulit untuk dibentuk. Namun material baja dengan keunggulan kekuatan dan finishingnya yang beragam, tentu juga bisa dijadikan suatu karya seni yang fenomenal.

Jadi jawaban atas pertanyaan Pilih Baja atau Beton yang Baik Untuk Konstruksi? adalah tergantung dari kebutuhan konstruksi Anda. Karena masing-masing memiliki kekurangan dan keunggulan, bahkan sering kali keduanya digunakan secara bersamaan untuk memperoleh struktur yang optimal dari berbagai aspek pertimbangan.